Home / Artikel / Pendidikan

Senin, 3 Oktober 2022 - 08:17 WIB

Pesantrenku “Daar Al Zahra”

Hai kalian semua para sobyar yang lagi baca artikel ini, masih ingatkah kalian dengan aku ? .. haha… udah sekian lama mungkin hampir 1 tahun lebih saya pensiun menulis artikel-artikel.

Iyaaa … mungkin semua karena aku sekarang lagi mencari ilmu di pondok wehe..he… doain ya .. sobyar… semoga ilmunya bermanfaat untuk kedepanya. Oh iya sebenarnya aku menulis artikel ini mau sedikit berbagi cerita tentang “ Dunia Pondok Pesantren” ya setidaknya mau sombong sedikit lah sama kalian, kalua aku sudah mesantren nih bestiee…

Awalnya sebelum masuk pesantren, aku berpikir dipondok itu santai sih sih guys!

Aku kira dunia poindok lebih mudah dijalani karena hanya ada diri kita sendiri yang mengaturnya, tidak ada lagi orang tua yang selalu membuat kita merasa kalau kita itu cuman diatur-atur sama orang tua yupss itu dulu guys !

Sekarang beda, anggap saja dunia pondok pesantren itu tempat kita untuk melatih mental, fisik dan melatih untuk menuju kehidupan bermasyarakat nantinya. Yang perlu diingat adalah “engga semua orang yang mondok atau masuk pesantren itu orang bener terus kalau mereka udah bener ngapain mondok cape-capein” (inget yah bener disini itu bisa berarti kurang ilmu dan lainnya) Justru itu mereka masuk pondok, because mereka pengen ngerubah diri mereka jadi lebih baik lagi. “Kepondok itu mencari baik,” Said Ummah.

Baca Juga :  Orang-Orang yang Di Rindukan Oleh Surga? Siapa Saja Sih, Yuk Simak!

Dari mulai fisik sampai mental menurutku anak yang paling hebat adalah seorang santri. Santri itu hebat, karena gak semua orang punya mental baja kaya santri. Yaaaps, bayangkan saja disaat semua anak seusianya sedang berkumpul dengan keluarganya dirumah, tapi apa ? seorang santri dipondoknya sedang mengaji , mengaji dan mengaji.

Awalnya memang sulit dan banyak sekali godaan yang bisa menjatuhkan kita.. ha…ha apalagi soal fisik. Contohnya tuh gini , aku pernah awal-awal banget mondok tiba-tiba tanganku ditarik oleh temenku dan temenku dengan entengnya bilang sama “Ih tanganya serem banget sih jari-jarinya koq kecil banget “.. dan dari itulah aku kaya langsung down, because waktu jaman MTs aku engga pernah omongan kaya gitu masuk ketelinga aku, pas lagi sholat pasti aja pengen meneteskan airmata, tapi selalu ditahan kadang sering banget pengen pulang kalo lagi ga enak. Ha….haa… kadang lucu, kadang lebay juga kalo ingat hal itu waktu awal-awal masuk pondok. Baru ada hal seperti itu saja  sudah down.

Baca Juga :  Sumur Wasiat? Yuk Kepoin Kisah Mistis dari Sumur Wasiat!

Tapi guys akhir-akhir ini aku lagi banyak-banyak bersyukur banget sama Allah, because Allah udah ngebuat aku bertahan di pondok pesantren ini. Dengan aku selalu diterjang dengan omongan-omongan yang awalnya membuat aku down, tapi akhirnya sudah kebal dengan segalanya … kebal gak tuh..!

Dunia pondok itu beda banget sama dunia luar atau sekolah-sekolah umum. Karena kita semua bareng-bareng selama 24 jam, otomatis kita pasti sudah tau siapa satu persatu teman kita dan kita harus bisa memakluminya and ya. Belajar memaklumi itulah yang membuat kita menjadi dewasa..eits tapi ingat –“ Jangan mau dimaklumi tapi harus belajar memaklumi” orang by ummah.

Baca Juga :  Pergaulan Remaja itu Penting Lhoo Yuk Pelajari!

Menurutku dipondoklah  bukan hanya tempat kita belajar agama tetapi juga belajar dewasa, belajar menjaga diri sendiri. Belajar untuk nanti kita terjun dikehidupan yang sebenarnya yaitu kehidupan bermasyarakat.

Makanya yang belum mondok ayok mondok ! jangan takut ada Allah disampingmu dan ada doa orangtua yang selalu menyertai jalanmu. Dan yang udah mondok niatin lagi , niat mau nyari ilmunya. Niatin semuanya karena Allah karena apapun yang dipaksakan engga enak di lakuinya. Yang sabar, ikhlas, legowo itu kuncinya.

Dah dulu yaa insya Allah kedepanya bakalan update update lagi dech yaaach ! semoga duku dipondoknya makin betah yaa. Jangan lupa doaakan terus dan semoga dengan aku berbagi pengalaman tentang dipondok pesantren semoga kalian bisa termotivasi eh terinspirasi ya….

Semoga bermanfaat FYI aku mondok di Pondok Pesantren Daar Al Zahra alamatnya di Babakan Ciwaringin

KH. Syarif Abu Bakar pengasuh Pesantren Daar Al Zahra

 

Penulis: Naura Azzahra AT.

 

Author Profile

Akhmadi Didi

Share :

Baca Juga

Agama

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Artikel

Logophile atau Bibliophile? Apakah Kamu Termasuk kedalam Philes Ini!

Artikel

Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Lahirnya Bahasa Indonesia!
Keraton Kacirebonan

Artikel

Keraton Kacirebonan? Mau Tau Ada Apa Aja Di Sana? Yuk Simak!

Artikel

3 Kecerdasan Di Bulan Ramadhan? Apa Saja Itu? Yuk Di Simak!
Percaya Diri

Artikel

Percaya Diri? Gimana Sih Caranya? Yuk Simak Tipsnya!
INSECURE

Artikel

Insecure? Yuk Cari Tau Penyebabnya!

Artikel

Bechi, Kultus, dan Kekerasan Seksual