Home / Agama / Pendidikan

Sabtu, 6 Juli 2024 - 13:37 WIB

1 Muharram Akan Tiba! Apa saja Amalan-Amalannya?

1 Muharram Tahun Baru Islam Akan Tiba! Apa saja Amalan-Amalannya?

Hai guys! Ga kerasa yah kita sudah berada di penghujung tahun menurut kalender islam. Emang bener waktu tuh berjalan cepet banget, sampe tiba-tiba udah tahun baru lagi aja huhu..Malam ini lhoo guys! sudah pergantian tahun!

Tapi gapapa guys! Dengan pergantian tahun ini, artinya kita akan memulai lembaran baru lagi kita akan suci lagi bagai bayi yang baru lahir dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun kemarin. Tau gak sih kalian? Bulan muharrom adalah salah satu bulan yang sangat mulia.

Ada 4 bulan mulia yang sering disebut sebagai bulan haram, di antaranya bulan rajab, dzulhijjah, rajab dan muharram. Di bulan haram inilah semua amal perbuatan kita akan di lipat gandakan baik pahala maupun dosa.

Baca Juga :  Penerimaan Guru Baru

Aku mau sharing-sharing sedikit  ilmu nih pas aku masih mondok tentang apa aja sih amalan-amalan sunnah tapi pahalanya masyallah banget di awal bulan muharram ini.

1 Muharram? Ini dia amalan-amalannya!

  1. Puasa sunnah pada bulan muharram

“Barangsiapa yang puasa 1 hari di bulan muharrom sama saja seperti puasa selama 30 hari.” Paling utamanya puasa di bulan ini pada hari pertama bulan muharram dan pada hari asyuro yaitu pada 10 muharram. Khusus di hari asyura puasanya sebagai pelebur dosa di tahun lalu.

“Dan barangsiapa yang puasa pada hari kamis, jumat dan sabtu di bulan muharram maka pahalanya seperti beribadah/berpuasa selama 50 tahun”

Niat puasa muharram:  “Nawaitu shaumal Muharrami lilâhi ta’âlâ”

  1. Shalat hajat di pergantian tahun ini yaaa
  2. Membaca yasin 3 kali

Baca Juga :  Tips Menghafal Cepat Versi Akuu! Gimana yaa Caranya?

Yasin pertama di niatkan agar di beri umur yang panjang. Yang kedua di niatkan agar selalu di beri keselamatan dan yang ketiga di niatkan untuk meminta kekayaan hati.

  1. Menulis basmallah “bismillahirrahmanirrahim” sebanyak 113 kali pada waktu sesudah shalat isya (malam besoknya 1 muharram)

dalam keadaan suci (sudah berwudhu) tidak mengobrol saat sedang menulis dan menghadap kiblat dengan niat tolak bala, membentengi diri sendiri, memperoleh manfaat semata-mata ngalap barakah pada ayat al-qur’an.

Menulis bismillahnya dengan ketentuan huruf “ب” nya di panjangin lalu huruf “ﻡ dan ه‍” di bulletin yaaa. Kenapa menulis basmallah 113 kali? Karena di ambil dari jumlah surat yang ada di al-qur’a. kecuali surat at-taubah tidak ada basmallahnya maka di tulis 113 kali.

  1. Minum susu putih diawal bulan muharram

Baca Juga :  Sudah Hijrah Kok Malah Semakin Payah (Part 2)

Dengan niat membuka awal tahun dalam kedaaan suci, bersih putih seperti hal-hal yang ada di sesuatu tersebut. Minum susu ini juag di laksanakan pada malam 1 muharram sampai sebelum subuh yaa. Dengan membaca do’a

“Allâhumma bârik lanâ fîhi wazidnâ minhu”

Nah mungkin itu sedikit ilmu yang mau aku kasih tau ke kalian. Emang se masyaallah itu pahalanya gak main-main! Jadi ayo jangan sia-siakan kesempatan bulan muharram tahun ini dimana ini adalah tahun barunya orang islam yang sesungguhnya!

Belum tentu tahun depan kita masih bisa ketemu sama bulan luar biasa ini! Iya kan? Semoga bermanfaat yahh. Jangan lupa share juga ke temen-temen kamu yang lain!

 

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran.

Agama

Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran (2)

Fintech

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power
#Hijrah #Kok makin susah

Agama

Sudah Hijrah Kok Malah Semakin Payah (Part 1)

Agama

End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa

Agama

Islam Melarang Sikap Ekstrem Sekalipun dalam Beribadah
gagal

Artikel

Gagal Lagi? Try Again!
kisah ali bin abi thalib

Agama

Kisah Ali bin Abi Thalib Menikahi Fatimah Az-Zahra

Agama

BAB 1 – 3 || Jilid 1