Home / Agama / Artikel

Senin, 13 Februari 2023 - 07:00 WIB

Maulid Nabi: Bid’ah, Benarkah ! (1)

Bagaimana mungkin kita tidak GEMBIRA saat gema Sholawat Nabi digaungkan meriah penuh khidmat di seluruh pelosok negeri sebagai penghormatan atas waktu lahirnya (Maulid) Baginda Nabi Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ?.

Bagaimana mungkin kita tidak GEMBIRA saat Sirah Agung perjalanan hidup Nabiyyur-Rahmah Sayyidina Muhammad Rasulullah dibacakan pada tiap-tiap majelis yg merayakan Maulid? Tidakkah itu semua membuat hati kita gembira?

Mari saya kisahkan sedikit riwayat keagungan Baginda Nabi. Anas bin Malik ra, berkata: Rasulullah datang ke rumah kami dan tidur di atas tempat tidur Ummu Sulaim. Kemudian Ummu Sulaim disuruh pulang dan diberitahu bahwa Nabi sedang tidur di atas tempat tidurnya.

Baca Juga :  Isbal Part (1)

Lalu Anas berkata: Saat Ummu Sulaim tiba di rumah, Nabi telah berkeringat, dan keringat beliau tergenang di tikar kulit di atas tempat tidur. Maka Ummu Sulaim segera mengusap keringat Rasulullah dengan saputangan dan memerasnya ke dalam sebuah botol.

Tiba-tiba Nabi terbangun dan terkejut seraya berkata, “Apa yang kamu lakukan wahai Ummu Sulaim?” Ummu Sulaim menjawab, “Ya Rasulullah, kami mengharapkan keberkahan keringat engkau untuk anak-anak kami”. Rasulullah pun bersabda, “Kamu Benar!”

Lalu, bagaimana mungkin kita tak bergembira saat berjumpa dengan bulan Maulid. Bulan ketika Sang Nabi Agung Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dilahirkan? Bagaimana mungkin kita tidak bergembira menyambut perayaan Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam?

Baca Juga :  Jangan Minta Diistimewakan, Santri Harus Berusaha dan Berdaya

Pernahkah kau mencintai seseorang yang bahkan sekalipun engkau belum pernah mencium wangi tubuhnya? Pernahkah kau mencintai seseorang, yang jika disebutkan namanya dihadapanmu, seketika rindumu menggelora dan jantungmu berdegup kencang?

Pernahkah kau mencintai seseorang, yang jika ada orang melantunkan pujian untuknya, maka seketika hatimu gembira dan kadar cintamu semakin bertambah? Pernahkah rindumu pada seseorang membuatmu menangis ingin berjumpa dengannya saat ada yg menyebut namanya?

Baca Juga :  Waktu, Gimanasih caranya biar gak terbuang sia-sia?

Jika hal itu pernah terjadi pada kalian, maka jangan pernah abaikan bahwa Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Ahzab ayat 6:

ٱلنَّبِىُّ أَوْلَىٰ بِٱلْمُؤْمِنِينَ مِنْ أَنفُسِهِمْ

“Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri”

Jangan pernah abaikan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Tidaklah beriman seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orang tuanya, anaknya dan dari manusia seluruhnya”. (Sahih Bukhari)

Jangan pernah lupa bahwa Rasulullah pernah membaca firman Allah mengenai Ibrahim, (Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala2 itu telah menyesatkan kebanyakan dari manusia, maka barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku), Surah Ibrahim 36 – akhir ayat.

diambil dari: thread@CeritaGuruadeirra

(bersambung kebagian 2)

Author Profile

Akhmadi Didi

Share :

Baca Juga

Percaya Diri

Artikel

Percaya Diri? Gimana Sih Caranya? Yuk Simak Tipsnya!

Artikel

“Kok masih Nakal” Padahal Sekolah di Madrasah

Artikel

Swasta tidak Menjadi Penghalang untuk Melanjutkan Ke Sekolah Negeri
sifat

Artikel

Sifat Wajib Rasul? Apa Saja Sih, Yukk Simak!
Merokok

Artikel

Merokok? Apa Saja Dampak Buruk nya?

Agama

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Artikel

Yuk Simak Kisah Mistis dari Makam Keramat Plangon: On The Ambyar.

Artikel

Selamat Hari Guru 2021 Pahlawan Tanpa Tanda Jasa