Home / Agama / Artikel

Senin, 22 April 2024 - 16:24 WIB

Syukur? Pengertian dan Macam-macamnya

Pengertian

Assalamualaikum, halloo sobyar balik lagi nih sama aku hehee, btw ini aku berbagi  sedikit ilmu nih buat kalian tentang apa itu sabar dan syukur, karena keduanya itu saling berkaitan lhoo, yuk simak!

Syukur adalah rasa berterima kasih, oh iya tahukah kalian? orang yang suka bersyukur dari zaman nabi Adam itu hanya sedikit. Suatu hari di zaman Umar bin Khatab, ada orang yang sedang tawaf dan beliau hanya meminta di masukkan ke golongan orang yang sedikit. Karena allah berkata bahwa orang yang bersyukur adalah golongan yang sangat sedikit, maka dari itu orang itu ingin di masukkan ke dalam golongan orang-orang yang bersyukur.

Ada 2 hal yang menyebabkan kita harus terbiasa bersyukur kepada allah

  • Agar di tetapkan kenikmatan yang allah berikan kepada kita dan menghilangkan siksaan. Allah tidak akan menyiksa orang yang bersyukur.
  • Agar selalu di tambahkan nikmat nya oleh allah ( di tambah nya bukan hanya tentang jumlah yaa hehe)

Baca Juga :  Keraton Kacirebonan? Mau Tau Ada Apa Aja Di Sana? Yuk Simak!

Lawannya syukur adalah kufur yaa, apasih bedanya syukur sama kufur?

Orang yang selalu bersyukur itu melihat sesuatu yang ada apapun semuanya dia syukuri dan selalu merasa cukup dengan apa yang dia punya. Sedangkan orang yang kufur? Orang yang kufur itu melihat sesuatu yang tidak ada, maksudnya dia selalu merasa tidak beruntung dengan apa yang dia dapatkan.

Macam-macam Syukur

Syukur itu di bagi menjadi 2:

  • Syukur atas kenikmatan dunia seperti pemberian dari Allah berupa pencegahan
  • Syukur atas kenikmatan agama berupa taufik dan ismah. Apasih contoh syukur agama berupa taufik? Yaitu di mudahkannya mengerjakan kebaikan. Sedangkan berupa ismah adalah nikmatnya tercegah dari perbuatan dosa

Baca Juga :  Forget That Facelift – “Wrap” Your Face into Shape

Selain syukur, sabar juga di bagi menjadi 2 lhoo, yaitu:

  • Sabar dalam mengerjakan taat dan meninggalkan maksiat
  • Sabar dalam sesuatu yang tidak menyenangkan

Ada juga macam-macam nikmat dunia yaitu:

  • Nikmat berupa pemberian dari allah kita diberi anggota badan yang sempurna, kita mempunyai orang tua dan di beri ilmu yang bermanfaat.
  • Nikmat berupa pencegahan oleh allah, allah mencegah kita berbuat maksiat, allah mencegah berbagai penyakit yang datang ke kita dan masih banyak lagi.

Gimana sih Caranya Bersyukur? Niih di simak yaa, bersyukur di laksanakan dengan 3 hal

  • Syukur dengan lisan : mengucapkan hamdallah
  • Dengan hati: memahami bahwasanya segala sesuatu yang allah berikan adalah kenikmatan
  • Dengan anggota badan: mempergunakan anggota badan untuk beribadah kepada allah

Baca Juga :  Lailatul Qadar Sepanjang Tahun

Jadi gimana? yuk ubah dirimu sendiri belajar dari sekarang! sekecil apapun nikmat yang allah berikan, biasakan kita bersyukur minimal dengan mengucapkan hamdallah. Udah yaa segitu aja artikel kali ini dan semoga bisa bermanfaat buat kamu sama orang lain makanya jangan lupa di share ke temen-temen kamu, okey?

Oh iya ini ada sedikit quotes:

“Bukan tentang apa yang Allah berikan kepada kita, tetapi bagaimana kita menerima nikmat yang Allah berikan kepada kita!”

Sumber:

Seminar Ustadzah Khoirunnajah

ponpes Daar Al-Zahra Babakan Ciwaringin

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Pergaulan remaja

Artikel

Pergaulan Remaja itu Penting Lhoo Yuk Pelajari!

Artikel

Yuk Simak Kisah Mistis dari Makam Keramat Plangon: On The Ambyar.

Artikel

Overtingking? Apakah Itu, dan Bagaimana Cara Mengatasinya!

Agama

BAB 8 – 10 || Jilid 1
gagal

Artikel

Gagal Lagi? Try Again!
ujian

Artikel

Ujian? Jangan Takut, Yuk Simak Tips dalam Menghadapi Ujian!

Artikel

Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Lahirnya Bahasa Indonesia!
Orang-Orang yang Di Rindukan Oleh Surga

Artikel

Orang-Orang yang Di Rindukan Oleh Surga? Siapa Saja Sih, Yuk Simak!