Home / Artikel

Selasa, 1 Juni 2021 - 18:29 WIB

Sejarah Perang Badar: Mau Tau Apa Sejarahnya? Yuk Kita Simak!

Sejarah Perang Badar? Yuk kita cari tau!

Assalamualaikum sobat ambyar semuanya, kembali lagi nih di kultum Kang Ahmad dalam bentuk narasi nya guys! Kalau kalian mau nonton versi videonya kalian bisa klik logo di bawah ini yaaa..

 

 

Nah sobyar kali ini kita akan mengupas tuntas tentang sejarah terpenting dalam umat islam yang terjadi pada Bulan Ramadhan. Mau tau apa sejarahnya?? Yuk simak!

Sejarah terpenting dalam umat islam yaitu pada saat perang badar. Perang badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, tahun ke 2 H. Kenapa bisa terjadi perang badar?? Karena sebelum Rasulullah hijrah ke Yastrib atau Madinah. Rasulullah tinggal di Makkah dan di Makkah itu banyak pertentangan oleh suku-suku Quraisy, banyak yang menentang dakwah Rasulullah SAW.

Sejarah Perang Badar: Awal Mula Terjadi Perang Badar

Apalagi sepeninggalnya Abu Thalib yang memimpin suku Quraisy, yaitu Abu Jahal. Abu Jahal adalah musuh bebuyutan Rasulullah SAW, musuh yang paling di takuti oleh orang-orang Islam. Karena dendam atau tidak ada yang membela Rasulullah SAW pada saat itu, kalau dulu ketika Khadijah masih hidup dan pamannya sendiri Abu Thalib ketika masih hidup membela Rasulullah SAW.

Baca Juga :  Beri Anak Kita Tanggapan, Bukan Pujian

Sepeninggalnya mereka, maka tidak ada lagi yang melindungi Rasulullah SAW. Maka dengan bebas Abu Sufyan itu berbuat sesuatu kepada Rasulullah SAW. Pada waktu itu umat muslim sangat sengsara karena banyak tekanan dari kaum kafir Quraisy yang di pimpin oleh Abu Sufyan. Yang lemah itu hartanya di ambil kemudian di jual belikan oleh orang lain.

Maka Rasulullah itu hendak hijrah ke Habasyah dan itu hanya sahabat-sahabatnya saja. Yaitu ada upaya lain yaitu hijrah ke Thaif ternyata di tolak oleh pemuka-muka disana. Dan selanjutnya mendapatkan kabar baik dan perintah dari Allah SWT untuk hijrah ke Yastrib, yang sekarang di kenal degan Madinatul Munawwarah. Ketika umat muslim hijrah ke Madinah, itu harta bendanya tidak boleh di bawa tinggal di Makkah.

Baca Juga :  Ikhlas? Seberapa Penting Sih Keikhlasan Itu? Yuk Di Simak!

Baca Juga: Sabar Itu Apasih? Yuk Cari Tau Arti dan Maknanya!

Maka kesempatan orang-orang kafir quraisy mengambil semua barang-barang umat muslim yang hijrah ke Madinah. Setelah Rasulullah hijrah ke madinah ada kabar bahwasanya orang-orang Quraisy mau berdagang ke Syams. Orang Quraisy itu ketika berdagang, pasukannya itu lengkap dengan pasukan berkuda dan baju besi. Apabila terjadi sesuatu di jalan, maka sudah di antisipasi oleh orang-orang Quraisy.

Ketika tau akan melewati Madinah, yaitu akan ke Syams kemudian Rasulullah menyiapkan pasukannya dan hendak mengambilkan kembali harta orang-orang muslim yanh telah di rampas oleh orang-orang kafir Quraisy. Maka terjadilah perang badar.

Hikmah Yang Dapat Di Petik

Pada waktu itu umat muslim hanya berjumlah 313 orang dengan pasukan yang sedikit melawan sekitar kurang lebih 1000 kaum kafir Quraisy dengan persenjataan lengkap. Sedangkan umat muslim yang di pimpin oleh Rasulullah SAW hanya berbekal senjata seadanya. Maka pergilah 313 orang ini di lembah Badar.

Baca Juga :  Masa Depanmu? Itu Semua Tergantung dengan Prosesmu Saat Ini!

Baca Juga: Malam Lailatul Qadar, Yuk cari tahu makna dan cara mendapatkannya!

Sampai pimpinan orang kafir Quraisy itu meninggal yaitu Abu Jahal. Umat muslim ketika di perang badar menang karena ketaqwaan, keimanan yang ada di dalam hati umat muslim. Walaupun pasukan yang hanya berjumlah 313 orang bisa mengalahkan pasukan musuh yaitu sekitar 1000 orang dengan senjata lengkap.

Nah jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya islam bisa berjaya sampai saat ini karena pegorbanan sahabat-sahabat Rasulullah yang gugur dalam perang badar. Kalau saja dalam perang badar itu umat muslim kalah, maka tidak mungkin Islam itu akan tersebar sampai ke Indonesia.

Yaps itu aja materi hari ini, semoga bermanfaat juga yaa buat para sobyar yang ada dimanapun kalian berada. Sampai ketemu lagi dengan tema dan materi yang berbeda. See youu.. Jangan lupa share ke 100 turunan kalian yaa, hehehe….

sumber gambar

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Bid'ah Bid'ah dan Bid'ah

Agama

Bid’ah, Bid’ah dan Bid’ah !!!

Agama

Sudah Hijrah Kok Malah Semakin Payah (Part 2)
Ekstrovert dan Introvert

Artikel

Ekstrovert dan Introvert: Kepribadian Kamu yang Mana?
Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran.

Agama

Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran (2)
Malam Lailatul Qadar

Artikel

Malam Lailatul Qadar, Yuk cari tahu makna dan cara mendapatkannya!

Agama

Maulid Nabi: Bid’ah, Benarkah ! (Part 3)
ikhlas

Artikel

Ikhlas? Seberapa Penting Sih Keikhlasan Itu? Yuk Di Simak!
Isbal part 1

Agama

Isbal Part (1)