Home / Artikel

Selasa, 2 Maret 2021 - 15:56 WIB

Ujian? Jangan Takut, Yuk Simak Tips dalam Menghadapi Ujian!

Tips Menghadapi Ujian

Haiii temen-temen yang lagi baca artikel ini, Hmm gak kerasa ya sebentar lagi kita akan menghadapi PAT bukan? Siapa nih yang sering panik kalo mau ujian… nah karena itu yuk simak di bawah ini gimana sih tips-tips dalam menghadapi ujian.

Tenangkan Dirimu Saat Ujian

Sebelum menghadapi ujian maka tentunya kamu tidak boleh panik, karena kepanikan itu hanya akan membuat situasi malah bertambah buruk, bisa saja kita tidak fokus mengerjakan soal hanya karena kita panik. Jika keadaan ini terjadi, cobalah tarik napas dalam-dalam dan rilekskan pikiranmu serta pikirkan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Lalu katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu itu bisa dan pasti bisa.

Membuat Target

Selain itu kamu harus mempunyai target, contoh di ujian kali ini kamu mempunyai target bahwa nilai kamu harus di atas 85. Dengan target itu semangat kita akan semakin bertambah untuk mencapai target itu.

Baca Juga :  Mengenal Ki Gede Alang-Alang? Siapakah Sosok Itu? On The ambyar

Baca Juga : Ekstrovert dan Introvert: Pengertian dan Ciri-Ciri nya

Buatlah Rencana Belajar

Kita tidak boleh belajar hanya saat malam ujiannya saja. Karena kita pasti membutuhkan waktu yang lebih untuk memahami beberapa materi dari  beberapa mata pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya. Tentu sangat tidak efektif jika hanya belajar satu hari sebelum ujian di laksanakan, atau malam ujiannya saja.

Rencanakan waktu belajarmu misalnya 1 bulan sebelum ujian kita setiap harinya menyempatkan waktu untuk belajar bisa 30 menit sehari secara rutin, agar kita dapat memahami materi-materi yang sebelumnya. Karena nanti soal- soal akan terasa mudah jika kita sudah memahami betul materinya jika sudah hafal maka tinggal menghafal materi yang di rasa membutuhkan metode penghafalan.

Baca Juga :  Berkembang? Yuk Cari Tahu Tipsnya-!

Baca Juga : Mudah Bergaul? Mau Tau Gimana Sih Tipsnya Biar Mudah Bergaul dengan Orang Lain? Yuk Simak!

Belajarlah dengan Metode yang Sesuai dengan Moodmu

Carilah metode belajar yang sesuai dengan mood mu agar tidak mudah bosan dan ngantuk. Misalnya belajar sambil mendengarkan musik atau sambil memakan cemilan. Belajarlah dengan rileks dan santai jangan terlalu keras dan memaksakan diri kamu, sempatkanlah istirahat terlebih dahulu.

Persiapkan Semuanya Sebelum Ujian

Sebelum ujian kita harus mempersiapkan semuanya baik mental maupun peralatan ujian. Kita tidak boleh berfikiran negatif, yakinlah dengan kemampuanmu dengan dibekali semua materi yang telah kamu pelajari. Selain itu kita juga harus jaga kesehatan kita seperti menjaga pola makan dan lakukan kegiatan yang positif dan hindari kebiasaan-kebiasaan negatif seperti begadang, bermalas-malasan dan lainnya.

Baca Juga :  Menggapai Cita-Cita? Mauu Tau Tips Nya, Yukk Simaak!

“Inget loh yaa jaga kesehatan!! kan gak lucu nanti hari pertama ujian malah sakit hehe semoga kita semua di beri kesehatan yaa”

Jangan Lupa Kita Harus Sering Berdoa

Kamu tau kan, usaha tidak akan berarti kalau gak di barengi dengan doa. Maka dari itu kita tidak boleh melupakan doa. Karena doa adalah kekuatan kita, begitupun sebaliknya Jika kita sudah berdoa tapi tidak ada usahanya sama sekali ya nanti sama aja. Dan mulai sekarang yuk berfikiran positif dan harus yakin pada diri kita sendiri, bahwa kita pasti bisa menghadapi ujian itu dengan di bekali usaha dan doa kita. Semangatt yaa kamuu!!

Sumber gambar

Author Profile

ainaaa

Share :

Baca Juga

Artikel

Percaya Diri ? Yakinlah Kamu Punya !
Hidup Berujung Mudik

Agama

Hidup Berujung Mudik

Artikel

Beri Anak Kita Tanggapan, Bukan Pujian
sifat

Artikel

Sifat Wajib Rasul? Apa Saja Sih, Yukk Simak!

Artikel

Kegiatan yang Harus Dilakukan Ketika Kejenuhan Melanda. Yuk Simak!
Percaya Diri

Artikel

Percaya Diri? Gimana Sih Caranya? Yuk Simak Tipsnya!
Pembullyan

Artikel

Dampak dan Bahaya Pembullyan ?

Artikel

Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Lahirnya Bahasa Indonesia!