Home / Agama / Artikel / ngaji akhlak / Opinion / Pendidikan

Senin, 1 Juli 2024 - 10:05 WIB

Iri? Bahaya dari Penyakit Iri dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Iri? Apa Bahaya dari Penyakit Iri dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Hallow guys.. tau gak sih? Kadang diri kalian tuh sama sekali gak nyadar kalau kalian lagi berbuat maksiat! Setuju gak?? Yaa contoh kecilnya kayak kita itu selalu IRI sama orang lain..

Kalau di bilangin sama orang lain “jangan iri gitu sama dia” pasti kita selalu mengelaknya “apaan sih gak iri, cuman ngomongin aja sih” haha yaa itulah manusia tidak mau mengakui kesalahannya termasuk aku sih hehe padahal udah jelas-jelas salah.

Iri? Pengertian Versi aku!

Iri adalah salah satu penyakit hati yang sangat berbahaya. Kalau manusia mempunyai sifat iri sudah pasti hatinya akan kotor. sikap ini adalah sikap manusia yang tidak senang melihat orang lain berhasil, sukses, bahagia dll…

Baca Juga :  Islam Melarang Sikap Ekstrem Sekalipun dalam Beribadah

Intinya orang ini akan mengukur standar keberhasilan dirinya dengan keberhasilan ORANG LAIN! Nah itu adalah pemikiran yang salah. Mending kalau kita memandang keberhasilan orang lain itu sebagai motivasi untuk diri sendiri dan menjadikan diri kita menjadi lebih baik lagi.

Sebenarnya menurutku semua orang itu pasti punya sifat iri jugaa lhoo! Siapa sih yang ga pengen sukses kalau ngeliat temen-temen seangkatan kita udah pada sukses semua? Tapi itu semua tergantung dengan diri kamu dalam mengelola sifat ini dan kebanyakannya sifat ini membawa dampak negatif guys!

Baca Juga :  Syarat Kelulusan “Pengganti Ujian Nasional” Tahun 2021

Nah apa aja sih bahaya dari sifat ini?

  1. Menimbulkan kecemasan yang berlebihan

Dengan kita selalu membandingkan antara diri kamu dengan orang lain. Kamu akan merasa cemas juga bisa menyebabkan stress, tertekan atau bisa saja depresi. Karena menurut mindset kamu adalah  keberhasilan orang lain adalah menjadi tolak ukur keberhasilan diri kamu sendiri.

  1. Memperhambat kesuksesan

Kamu selalu mengurus hidup orang lain entah itu karena keberhasilannya atau yang lainnya, tetapi kamu tidak pernah mengintropeksi diri kamu sendiri, kamu tidak pernah berusaha menjadi versi lebih baik untuk diri kamu sendiri.

  1. Merusak hubungan sosial

Baca Juga :  Hidup Berujung Mudik

Orang yang iri akan melakukan segala cara agar kebahagiaan, keberhasilan orang lain hilang begitu saja.

Cara menghindari sifat satu ini adalah dengan senantiasa bersyukur atas nikmat yang allah berikan, jangan jadikan keberhasilan orang lain sebagai tolak ukur kita untuk sukses juga! Setiap orang punya jalan suksesnya masing-masing!

Nahh semoga kita semua terhindar dari sifat ini  yahh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu juga yaah!

 

 

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Agama

Kisah Imam Syafi’i Menaklukkan Para Perampok
CHILDRENFREE: Akhirnya Muncul Lagi

Agama

CHILDFREE: Akhirnya Muncul Lagi ?
sifat ghadab

Agama

Sifat Ghadab? Gimana sih Cara Menghindarinya

Artikel

Daring? Tatap Muka Online? Yuk Simak ini Baik-Baik!!

Artikel

Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Lahirnya Bahasa Indonesia!

Artikel

Kegiatan yang Harus Dilakukan Ketika Kejenuhan Melanda. Yuk Simak!

Agama

Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Artikel

Kreatif dan Inovatif? Apa Perbedaan Keduanya?