Home / Agama / kisah / Pendidikan

Senin, 8 Juli 2024 - 10:19 WIB

Kisah Ali bin Abi Thalib Menikahi Fatimah Az-Zahra

Kisah Ali bin Abi Thalib Menikahi Fatimah Az-Zahra

Apakah kalian tau siapa sih Ali bin Abi Thalib? Ali bin Abi Thalib adalah putra dari pamannya Nabi Muhammad yaitu Abi Thalib. Ali juga termasuk salah satu sahabat nabi dan termasuk dalam golongan Assabiqunal Awwalun (orang-orang yang pertama kali masuk islam)

Ketika berusia kurang lebih 6 tahunan Ali bin Abi Thalib di asuh oleh Rasulullah dan istrinya yaitu Khadijah. Rasulullah dan Khadijah mengasuh Ali dengan penuh kasih sayang dan menganggap Ali sebagai anaknya sendiri.

Di ceritakan pada salah satu buku Ali bin Abi Thalib sering menghabiskan waktunya bersama Fatimah putri Rasulullah. Ali diam-diam mengagumi Fatimah karena sejak kecil Ali mengetahui semua kemuliaan Fatimah.

Baca Juga :  Hubungan Rasulullah dengan Non Muslim

Meskipun mengaguminya Ali tidak berani mengungkapkannya, ia terus menjaga pandangannya. Fatimah pun tidak tau bahwa Ali diam-diam mengaguminya.

Kisah Ali bin Abi Thalib

Ketika keduanya beranjak dewasa Ali berniat untuk melamar Fatimah. Namun  Ali merasa bimbang bahwa dirinya tidak pantas untuk Fatimah, karena dirinya hanyalah sosok lelaki yang miskin dan tidak mempunyai apa-apa untuk mas kawinnya.

Pada saat itu munculah sebuah kabar bahwa Abu Bakar sudah dulu mengajukan lamaran ke Rasulullah untuk melamar Fatimah. Lalu di susul oleh Umar bin Khatab. Saat itulah Ali merasa minder pada dirinya sendiri karena Abu Bakar dan Umar sudah lebih dulu melamar Fatimah.

Baca Juga :  BAB 1 – 3 || Jilid 1

Akan tetapi tidak menyangka bahwa lamaran keduanya di tolak secara halus oleh Rasulullah. Di tengah kebimbangannya, ada salah satu teman Ali bertanya “Mengapa kamu tidak mencoba untuk melamar Fatim ah, wahai Ali?”

Saat itu lah Ali datang ke Rasulullah dan menyampaikan niatnya untuk menikahi Fatimah. Ali pada saat itu duduk di samping Rasulullah. Rasulullah bertanya “Wahai Ali apa yang kamu inginkan?” pada saat itu tubuh Ali gemetar dan berkeringat lalu menjawab “Wahai Rasulullah saya ingin meminang Fatimah.”

Setelah menyampaikan maksud kedatangannya rasanya seluruh beban Ali hilang dan Rasulullah tidak terkejut, Karena beliau tau Ali mencintai Fatimah. Rasulullah bertanya “Apakah kamu mempunyai sesuatu yang bisa di jadikan mas kawin?”

Baca Juga :  How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Saat itulah Ali merasa malu karena dia tidak memiliki apa-apa, Lalu Ali menjawab “ Demi Allah, saya tidak memiliki apa-apa yang ingin di jadikan mas kawin, kecuali baju besi, pedang dan seekor unta”

Rasulullah menjawab lagi “Untuk pedangmu kamu masih membutuhkannya untuk berjuang di jalan Allah, dan untuk seekor untamu kamu akan memerlukannya untuk mengambil air dan perjalanan jauh, Oleh karena itu aku akan menikahkan kamu dengan mas kawin baju besi. Berbahagialah kamu karena Allah sebenarnya sudah menikahkan mu dengan Fatimah di langit sebelum aku menikahkan mu di bumi.”

Singkat cerita akhirnya mereka menikah dan di karunai 2 putra yang bernama Hasan dan Husein sementara 2 orang putri yang bernama Zainab dan Ummu Kultsum.

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Hakikat Berdoa

Agama

INGAT Terkadang Kita Hanya Mampu Membaca Doa tapi Belum Mampu Berdoa (1)

Agama

BAB 4 – 5 || Jilid 1

Pendidikan

New Research Shows Big Opportunities for Small Businesses
menghormati

Agama

Menghormati Anak Orang Terhormat

Agama

Maulid Nabi: Bid’ah, Benarkah ! (2)

Agama

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health
bersyukur

Agama

Syukur? Pengertian dan Macam-macamnya

Agama

End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa