Home / Artikel

Rabu, 14 April 2021 - 20:14 WIB

Pahala Puasa, Yuk Simak 5 Hal yang Bisa Merusaknya!

https://yayasanpalung.com/2020/05/19/puisi-jalani-masa-puasa-ramadhan/https://yayasanpalung.com/2020/05/19/puisi-jalani-masa-puasa-ramadhan/

https://yayasanpalung.com/2020/05/19/puisi-jalani-masa-puasa-ramadhan/https://yayasanpalung.com/2020/05/19/puisi-jalani-masa-puasa-ramadhan/

Hal-hal perusak pahala puasa

Assalamualaikum Sobat Ambyar gimana nih semua puasanya lancar? Semoga full semua ya puasanya kecuali yang perempuan yaa hihi.. Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan, semoga kita bisa menjalankan ibadah dan melaksanakan semua amaliyah-amaliyahnya dengan semaksimal mungkin. Sobat Ambyar kali ini kita akan membahas tentang hal- hal yang sangat penting yang harus kita ketahui  agar pahala puasa tidak rusak atau tidak hangus. Walaupun menurut ilmu fiqih puasa kita tidak batal tetapi pahalanya yang batal. Jadi kita hanya mendapatkan lapar dan dahaganya saja.

Nah untuk menghindari hal itu, yuk simak apa saja yang harus diperhatikan agar pahala puasa kita tidak hangus! Menurut sabda Rasulullah SAW Riwayat Al -Hikam yang tertulis di Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali menjelaskan ada 5 hal yang membatalkan pahala puasa

Baca Juga :  Masa Depanmu? Itu Semua Tergantung dengan Prosesmu Saat Ini!

1. Berbohong

Kalau kita sudah berbohong, gugurlah pahala puasa itu. Maka dari itu kita dari pagi sampai sore dan sebenernya selamanya yang namanya berbohong itu tidak boleh. Jujur itu hebat dan berbohong itu dosa.

2. Mengadu Domba

Nah selanjutnya yaitu mengadu domba, kalian sudah tau kan adu domba itu apa? Hmm tidak baik bukan. Maka dari itu kita harus menghindarinya.

Baca Juga :  Uji Coba Online, CAT PPK dan PPS PIlkada 2024

baca juga: Percaya Diri? Gimana Sih Caranya? Yuk Simak Tipsnya!

3. Ghibah

Nah yang ketiga itu Ghibah, bisa disebut juga gossip. Apalagi banyak sekarang orang nongkrong atau biasanya ngabuburit nih, terus disadari atau tanpa disadari malah mengghibahkan orang, membicarakan aib atau kejelekkan orang. Maka dari itu kita harus hati-hati dan jaga lisan kita.

4. Sumpah Palsu

Nah sumpah palsu itu contohnya Demi Allah saya tidak melakukan itu atau sumpah saya tidak melakukannya, padahal itu semua bohong. Nah ini juga bisa merusak pahala puasa kita

Baca Juga :  Islam Melarang Sikap Ekstrem Sekalipun dalam Beribadah

5. Memandang Lawan Jenis dengan Syahwat

Sobat Ambyar kita harus menjaga pandangan kita dari lawan jenis yang bukan muhrim apalagi memandangnya dengan nafsu atau syahwat. Hmm nanti yang ada malah pahala kita yang rusak juga dosa kita yang nambah.

Yap itu saja pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua inget hindarin ya 5 hal tadi, lebih baik kita melakukan hal-hal yang positif, dan memperbanyak melakukan amaliyah-amaliyah do bulan Ramadhan seperti tadarus, sholat tarawih, sholat witir, tahajudd, berdzikir dan banyak lagi.. Semangat ya puasanya!

Oh iya kalian bisa tonton juga videonya klik di logo di bawah ini

sumber gambar

Author Profile

ainaaa

Share :

Baca Juga

#Hijrah #Kok makin susah

Agama

Sudah Hijrah Kok Malah Semakin Payah (Part 1)
Lailatul Qadar

Agama

Lailatul Qadar Sepanjang Tahun
Hening Ramadhan

Agama

Hening Ramadhan
Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran.

Agama

Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran (2)

Artikel

Tips Lancar Berbahasa Korea bagi Para Pelajar

Artikel

Menggapai Cita-Cita? Mauu Tau Tips Nya, Yukk Simaak!
Insecure

Artikel

Apa Itu Insecure dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Gawaimu?

Artikel

Gawaimu? Positif atau Negatifkah?