Home / Artikel

Senin, 8 Maret 2021 - 11:22 WIB

Dampak dan Bahaya Pembullyan ?

Pembullyan? Apa aja sih dampak-dampaknya?

Definisi Pembullyan

Pembullyan. Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, selamat malam sobyar semuanya. Kembali lagi di website The ambyar. Nah ngomong-ngomong kali ini kita bakalan ngebahas tentang pembullyan, kira-kira apasih pembullyan itu??? Yuk lanjut..

Pembullyan atau perundungan itu arti sebenarnya adalah perlakuan intimidatif, baik fisik maupun verbal dari seseorang yang mempunyai kekuatan lebih kepada orang yang lebih lemah. Nah di sini perbedaan kekuatan ini bisa karena relasi kuasa.

Maksudnya dari relasi kuasa misalnya di salah satu sekolah itu ada pasti ada yang namanya senior di banding yang lainnya yaitu yang junior. Nah yang junior ini biasanya yang menjadi korban bullying, karena perbedaan yang satu lebih tinggi dan yang satunya lebih rendah.

Tanpa di sadari kasus bullying seperti inilah yang sering muncul di sekolah-sekolah. Walaupun kelihatannya kasus-kasus ini adalah kasus yang sangat sedikit bermunculan, tapi kenyataannya itu sangat banyak sekali kasusnya.

Baca Juga :  Tipe Guru yang Di Senangi Oleh Siswa? Yuk Simak!

Terkadang kita selalu menganggap kasus bullying seperti ini adalah masalah yang biasa, masalah yang ringan dan tidak perlu sampai di ungkit-ungkit terus menerus. Padahal dampak nya itu sangat buruk bagi diri kitanya sendiri.

Baca Juga: Pohon Raga Sakti Di Situs Kramat Cimandung: On The ambyar

Tapi saya nggak ngelakuin kekerasan fisik kok, saya juga nggak pernah main tangan kok, tapi iya tetap saja kamu selalu mengejeknya, selalu menghinanya dan itu semua merupakan pembullyan. Contoh kecil nya saja kalau kamu selalu manggil teman kamu dengan kejelekan fisiknya.

Dampak Dari Bullying?

Jika terus menerus seperti itu, lama kelamaan si korban yang di bully ini akan memiliki tidak punya rasa percaya diri yang akut dan ini sangat bahaya sekali. Coba deh kamu bayangin kalau ada anak yang tidak mempercayai dirinya sendiri.

Baca Juga :  Mudah Bergaul? Mau Tau Gimana Sih Tipsnya Biar Mudah Bergaul dengan Orang Lain? Yuk Simak!

Jadi jika dia ingin melakukan apapun nantinya akan berbuat kesalahan atau merasa salah terhadap dirinya sendiri, bahkan tidak yakin bisa melakukan itu. Nah kalau sudah begini masa depannya lah yang di pertaruhkan..

Jadi korban bullying ini akan memendam tekanannya sendiri yang orang lain tidak akan tau dan tidak akan paham. Maka dari itu kebanyakan dari korban bullying ini, selalu murung dan menyendiri. Justru inilah yang paling bahaya.

Baca Juga: Menengok Situs Balong Biru Di Cirebon: On The ambyar

Di luarnya memang kasus ini terlihat seperti biasa-biasa saja, tapi tidak ada yang tau kan bagaimana si korban di dalam hati nya dan di dalam dirinya itu?

Baca Juga :  Keajaiban Subuh

Nah di saat di sekitar kita ada peristiwa atau kasus bullying seperti ini, ternyata kita semua mempunyai andil masing-masing. Contohnya begini, saat ada peristiwa bullying, terus kita sebagai masyarakat hanya diam saja.

Kebanyakan dari kita selalu berfikiran tidak mau ikut campur walaupun di depan mata, ada teman kita yang sedang di bully. Secara tidak langsung kita itu mendukung si pembully itu.

Sebenarnya bullying ini bukan masalah antara 1 orang dengan 1 orang, tapi semua di lingkungan sekitarnya juga ikut andil rupanya. Untuk bangkit dari trauma karena pembullyan ini sangat bisa dan pasti bisa. Tapi terkadang rasa tidak percaya diri itu mengahalanginya.

“Menurut sumber yang kami dapat dari Founder Umah Ramah (Abdul Rasyid)”

Dan bagi kalian yang mau nonton versi video yang lebih lengkapnya, kalian bisa klik logo di bawah ini! See Youu..

https://theambyar.id/pembullyan-dan-dampaknya/

Sumber Ilustrasi Gambar

 

 

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Tawakkal

Artikel

Tawakkal: Apasih Maksud dan Arti Sebenarnya?
Obat Hati

Artikel

Obat Hati? Apa Saja Itu, Yuk Di Simak!
Percaya Diri

Artikel

Percaya Diri? Gimana Sih Caranya? Yuk Simak Tipsnya!

Agama

Sudah Hijrah Kok Malah Semakin Payah (Part 2)
sifat

Artikel

Sifat Wajib Rasul? Apa Saja Sih, Yukk Simak!
Mudah Bergaul?

Artikel

Mudah Bergaul? Mau Tau Gimana Sih Tipsnya Biar Mudah Bergaul dengan Orang Lain? Yuk Simak!

Artikel

Overtingking? Apakah Itu, dan Bagaimana Cara Mengatasinya!

Artikel

Quirkyalone? Apakah Kamu Termasuk!