Home / Agama / Artikel / Kesehatan

Rabu, 21 September 2022 - 19:20 WIB

Keajaiban Subuh

Ketika kita membuka mata dipagi hari setelah istirahat panjang, kita bisa menghirup udara dengan lapang, kita masih memiliki organ tubuh yang lengkap dan itu adalah nikmat yang tidak bisa di nilai dengan apapun, karena hanya dengan ijin dan kasih sayang Allah SWT saja kita bisa menikmati semua itu.

Subuh memiliki keistimewaan tersendiri, dimana masa pergantian dari gelap menuju terang, dimana para malaikat berkumpul mendoakan hamba-hamba Allah yang mengisi waktu subuh dengan ibadah-ibadah wajib dan sunnah.

Dalam Islam, banyak sekali ayat-ayat Al Qur’an dan hadist-hadist yang menerangkan tentang keistimewaan waktu subuh, diantaranya adalah waktu terkabulnya do’a, waktu dimana Allah memerintahkan malaikatNya untuk membagikan rejeki, keberhasilan melepaskan diri dari 3 ikatan syetan dan masih banyak lagi.

Ibadah Sholat sunnahnya saja dijanjikan Allah adalah lebih baik dari dunia dan isinya. Apalagi sholat wajib subuhnya yang luar biasa faedah dan fadillahnya di antaranya, menjadi pembuka pintu surga, menjadi penghalang dari neraka jahanam, seharian itu berada dalam jaminan Allah, mendapat pahala seperti sholat semalaman, bercahaya pada hari kiamat dan masih banyak lagi.

Dari segi kesehatan, waktu subuh pun menjadi saat yang utama untuk menentukan kualitas kesehatan kita. Tubuh yang sehat adalah salah satu nikmat Allah yang tinggi nilainya. Karena tanpa tubuh yang sehat apapun tidak akan bisa dicapai, apalagi dinikmati. Dan untuk menjaga amanah Allah berupa kesehatan, kita wajib ikhtiar untuk mendapatkannya. Salah satu ikhtiar nya dimulai di waktu subuh saat mengawali hari.

Baca Juga :  Ultimate Winter Driving Tips

Untuk beberapa orang mungkin sulit sekali untuk bisa bangun subuh atau mungkin bangun hanya untuk sholat lalu tidur lagi sampe matahari terbit. Banyak sekali hadist-hadist Rasulullah SAW yang menegaskan tentang dilarangnya tidur setelah subuh hingga Beliau SAW berkata bahwa tidur terburuk adalah tidur setelah subuh.

Dipandang dari sudut agama, tidur ba’da subuh itu berakibat kita kehilangan keberkahan dan kebaikan diwaktu subuh juga menghambat datangnya rejeki bahkan saat bangun pun membuat badan kita lemas dan malas untuk beraktifitas.

Dari sudut pandang kesehatan pun ternyata banyak sekali efek negatif tidur setelah subuh, diantaranya tidak baik untuk metabolisme tubuh dan menimbulkan banyak penyakit.

Menurut salah seorang praktisi kesehatan dr Zaidul Akbar ketika masuk waktu subuh hingga syuruq (waktu menjelang matahari terbit) ada satu bahan yang Allah keluarkan di udara yang namanya Nitrit Oksida (NO) yang merupakan salah satu anti oksidan paling kuat dan jika saat itu kita dalam kondisi tidur maka jantung kita akan lemah.

Baca Juga :  Orang-Orang yang Di Rindukan Oleh Surga? Siapa Saja Sih, Yuk Simak!

Parahnya lagi jika terbiasa atau terlalu sering tidur setelah subuh akan menyebabkan pembuluh darah menyempit yang mengakibatkan serangan jantung dan stroke, bahkan serendah-rendahnya efek dari tidur setelah subuh adalah melemahkan kemampuan berfikir.

Hal terbaik yang seharusnya kita lakukan di waktu subuh atau lebih baik lagi jika 1 jam sampai 1,5 jam sebelum memasuki waktu subuh adalah “bergerak”. Ketika seseorang sedang shalat, tubuh bergerak dan aktif dengan kualitas yang meningkat.

Kondisi ini mampu membangun keseimbangan kimiawi Tubuh yang sangat dibutuhkan manusia. Alangkah lebih baik jika kita membuka hari dengan Tahajud, Witir, Qobliyah Subuh lalu ditutup dengan Sholat Subuh, dilanjutkan dengan dzikir atau membaca Al Qur’an hingga syuruq hadir.

Setelah matahari terbit bergerak lagi untuk kebermanfaatan kesehatan raga kita, diantaranya melakukan aktifitas pekerjaan dirumah yg membutuhkan tenaga dan pergerakan badan yang optimal seperti menyapu, mencuci, mengepel dan lain-lain.

Akan jauh lebih baik jika kita rutin melakukan aktifitas olahraga yaitu pergerakan dengan teknik tertentu dan berkesinambungan. Tidak perlu waktu lama cukup 30 – 45 menit saja kita menggerakkan tubuh kita secara beraturan akan sangat bermanfaat untuk kebugaran tubuh kita seharian bahkan berpengaruh juga pada kwalitas tidur kita di malam hari.

Baca Juga :  Feminisme Islam dan Setelahnya

Beberapa manfaat dari olahraga secara singkat diantaranya, memperbaiki fungsi otak dan memori, membuat kulit terlihat lebih cerah, segar dan sehat, membantu relaksasi untuk kwalitas tidur, menambah energi dan jauh lebih bahagia karena dengan olahraga akan menambah sensitivitas otak untuk hormon serotonin, norepinefrin, dan endorfin, dimana ketiga hormon ini membuat seseorang menjadi bahagia, memperbaiki mood dan menekan rasa cemas juga stress.

Ketika mengawali hari saat otak dan pikiran yang masih bersih dengan sholat, dzikir dan membaca Al Qur’an lalu diakhiri dengan olahraga otomatis kita telah mengisi pikiran dan membentuk tubuh dengan kebaikan yang akan berpengaruh pada kondisi jiwa dan raga kita di hari tersebut.

Seorang bijak pernah menuliskan bahwa selamat pagi bukan hanya sebuah kata. Itu adalah tindakan dan keyakinan untuk menjalani hari dengan baik. Pagi adalah waktu ketika kita mengatur suasana untuk sisa hari itu. Ketika mengawali dengan baik, mengatur dan mengisinya dengan benar insyaa Allah hari kita akan bermanfaat dan menyenangkan. Wallahu a’lam bishawab.

Penulis: Yuche Novirasanthi (Ketua Komite periode 2019-2021)

Author Profile

Akhmadi Didi

Share :

Baca Juga

Artikel

Pesantrenku “Daar Al Zahra”
Keraton Kacirebonan

Artikel

Keraton Kacirebonan? Mau Tau Ada Apa Aja Di Sana? Yuk Simak!
bersyukur kepada allah

Artikel

Bersyukur Kepada Allah itu Bagaimana Sih Caranya?

Artikel

Selamat Hari Guru 2021 Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Agama

Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Agama

BAB 1 – 3 || Jilid 1
Masalah atau Beban Hidup?

Artikel

Masalah atau Beban Hidup? Semua Orang Pasti Mengalaminya!
Satu Abad NU

Artikel

SATU ABAD NU