Home / Artikel / Kesehatan

Jumat, 28 Oktober 2022 - 10:48 WIB

Percaya Diri ? Yakinlah Kamu Punya !

Percaya diri adalah kepercayaan yang kuat dari dalam diri bahwa segala kemampuan, keahlian, atau bakat yang kita miliki akan bermanfaat dalam segala hal yang kita lakukan.

Sebagai contoh, apa yang kamu rasakan ketika kamu tidak mempunyai rasa percaya itu pada dirimu sendiri? Apakah ketika kamu diperintahkan oleh gurumu untuk tiba-tiba presentasi didepan kelas tentang materi yang akan atau yang sudah dibahas sebelumnya, apakah kamu bisa mengatasi rasa itu? kita mungkin akan merasa panik, gemetar dan hilang semua ingatan mengenai materi tersebut. Tentunya itu merupakan masalah buat kita akan tetapi jika kita sering mengasah dan menumbuhkan rasa percaya diri tersebut maka masalah-masalah diatas tidak akan pernah hinggap atau setidaknya akan berkurang dalam diri kita.

Untuk kalian yang masih belum bisa menumbuhkan rasa kepercayaan pada diri sendiri, tumbuhkan sedikit demi sedikit rasa percaya itu. Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa kamu juga bisa mempunyai sinar yang bersinar seperti orang-orang yang berprestasi diluar sana. Dibawah ini saya akan memberikan tips-tips cara untuk menumbuhkan cara percaya diri.

  1. Membangun Pola Pikir yang Positif

Baca Juga :  Penerimaan Guru Baru

Sadar dan tidak sadar manusia memikirkan semua hal-hal yang tidak perlu untuk dipikirkan. Dari pikiran tersebut bisa membuat kita memikirkan hal-hal negative karna kita yang terlalu memikirkan apa yang tidak perlu dipikirkan. Ketika diri kita sudah mulai berpikir negative maka kita akan susah untuk mulai berpikir positif. Mulailah segala sesuatu dengan hal yang positif, dan mulai membagun pola pikir yang positif.

  1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri.

Baca Juga :  Ikhlas? Seberapa Penting Sih Keikhlasan Itu? Yuk Di Simak!

Banyak sekali orang yang masih belum bisa menerima dirinya sendiri karna mungkin banyak sekali yang membaca atau yang tidak membaca artikel ini hanya merasakan kekurangan yang mereka miliki, mereka tidak sadar bahwa mereka pun mempunyai kelebihan. Dan sebelum kita bisa mengenali diri kita pasti tidak akan bisa berdamai dengan diri sendiri. Karena pada dasarnya manusia akan terus bertarung dengan isi pikirannya karena merasa mereka tidak mempunyai kelebihan yang pantas untuk mereka banggakan dihadapan orang lain sehingga hal tersebut menimbulkan  sikap tidak percaya diri.

Belajar untuk menerima bahwa kita juga bisa dilihat oleh orang lain dan di beri penghargaan karena rasa kepercaya diri kita.

  1. Percaya Pada Diri Sendiri

Banyak sekali orang yang kehilangan rasa percaya diri karena faktor tertentu. Salah satu faktornya adalah trauma kepada orang lain yang menyebabkan dirinya tidak percaya pada dirinya sendiri.

Baca Juga :  Orang-Orang yang Di Rindukan Oleh Surga? Siapa Saja Sih, Yuk Simak!

Karena trauma pada masa lalunya seseorang bisa kemudian tidak percaya lagi pada dirinya sendiri. Maka dari itu kita harus bisa mengontrol diri kita sendiri untuk terus percaya pada diri sendiri dan melupakan masa lalu yang membuat kita tidak nyaman. Jangan anggap ada orang yang tidak menyukai kita dan lupakan masa lalu agar kita  bisa terbebas dari semua hal yang membuat diri tidak nyaman dan mulailah percaya pada diri sendiri.

Pesan dariku, kamu bisa juga menjadi bintang yang bersinar seperti orang lain hanya saja itu tergantung kepada dirimu sendiri yang ingin bersinar atau ingin terus redup seperti ini.

Penulis

Veve

kelas 9 MTS Hidayatus Shibyan

Author Profile

Akhmadi Didi

Share :

Baca Juga

Agama

Hubungan Rasulullah dengan Non Muslim
Keraton Kacirebonan

Artikel

Keraton Kacirebonan? Mau Tau Ada Apa Aja Di Sana? Yuk Simak!
Tipe Guru yang Di Senangi Oleh Siswa?

Artikel

Tipe Guru yang Di Senangi Oleh Siswa? Yuk Simak!

Artikel

Ada Sejuta Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Mental
bersyukur

Agama

Syukur? Pengertian dan Macam-macamnya

Artikel

Seorang Ambivert? Apakah Kamu Termasuk dengan Kepribadian Ini!

Artikel

Swasta tidak Menjadi Penghalang untuk Melanjutkan Ke Sekolah Negeri
Hening Ramadhan

Agama

Hening Ramadhan