Home / Artikel

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:35 WIB

Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Lahirnya Bahasa Indonesia!

Hai semuanya, ada yang inget hari ini hari apa? Yap bener, hari ini adalah hari Sumpah Pemuda dan bisa dibilang dengan lahirnya Bahasa Indonesia. Pasti kalian udah gak asing lagi dengan hari Sumpah Pemuda ini. Buat kalian yang masih belum tau, yuk simak terus sampai akhir.

Memperingati Sumpah Pemuda merupakan titik tolak munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda mengikrarkan kepada bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi perasaan dan sikap tentang satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Yang di maksud dengan “ Sumpah Pemuda ” adalah keputusan kongres pemuda kedua yang di selenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia yang kini bernama Jakarta.

Baca Juga :  Yuk Perbanyak Shalawat dan Ketahui Keistimewaannya!

Memperingati peristiwa Sumpah Pemuda di bacakan pada 28 Oktober 1928, yang merupakan hasil rumusan dari kerapatan pemuda-pemudi atau Kongres Pemuda Indonesia yang kini di peringati sebagai Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya. Sumpah Pemuda sendiri muncul setelah adanya kongres yang di gagas para pemuda Indonesia di tahun 1928.

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan “ Tanah air lndonesia ”, “ Bangsa lndonesia ” dan “ Bahasa lndonesia ”. keputusan ini juga di harapkan menjadi asas bagi setiap “ Perkumpulan kebangsaan lndonesia ”, dan agar “ Di siarkan dalam berbagai surat kabar dan di bacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan ”

Baca Juga :  Hidayatus Shibyan Hiring Teachers

baca juga : Menggapai Cita-Cita? Mauu Tau Tips Nya, Yukk Simaak!

Sumpah Pemuda di rumuskan dan di buat bukan semata-mata tanpa tujuan. Berikut ini tujuan Sumpah Pemuda: Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi Indonesia dan seluruh rakyat nusantara untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah.

Baca Juga :  Ujian? Jangan Takut, Yuk Simak Tips dalam Menghadapi Ujian!

ISI SUMPAH PEMUDA

Pertama

Kami poetra dan poetri lndonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air lndonesia.

Kedoea

Kami poetra dan poetri, lndonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa lndonesia.

Ketiga

Kami poetra dan poetry lndonesia menjoeng-joeng bahsa persatoean, bahasa lndonesia.

Latar Belakang Sumpah Pemuda.

Latar belakang munculnya Sumpah Pemuda sebenarnya muncul dari gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua yang berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Di ketahui bahwa PPPI merupakan sebuah organisasi pemuda yang anggotanya merupakan para pelajar dari seluruh Indonesia.

 

Author Profile

veveee

Share :

Baca Juga

gossip

Artikel

Stop Gosip.

Artikel

Menggapai Cita-Cita? Mauu Tau Tips Nya, Yukk Simaak!
yuk perbanyak shalawat

Artikel

Yuk Perbanyak Shalawat dan Ketahui Keistimewaannya!
Sumur Wasiat

Artikel

Sumur Wasiat? Yuk Kepoin Kisah Mistis dari Sumur Wasiat!

Artikel

Beri Anak Kita Tanggapan, Bukan Pujian

Agama

Maulid Nabi: Bid’ah, Benarkah ! (2)

Artikel

Rukun islam? Mau Tau Penjelasannya, Yukk simak!

Artikel

Daring? Tatap Muka Online? Yuk Simak ini Baik-Baik!!