Home / Artikel

Minggu, 23 Mei 2021 - 19:46 WIB

Nuzulul Qur’an? Ada Peristiwa Apakah Itu?

Nuzulul Qur’an? ada peristiwa apa saja di Nuzulul Qur’an?

Assalamualaikum sobat ambyar semuanya, kembali lagi nih di kultum Mass Idris dalam bentuk narasi nya guys! Kalau kalian mau nonton versi videonya kalian bisa klik link di bawah ini yaa..

 

 

Oh iya sobyar, kali ini kita akan mencari tau tentang nuzulul qur’an. Apasih nuzulul qur’an itu? Nah jadi nuzulul qur’an itu adalah awal turunnya al qur’an dari langit ke bumi, biasanya kita memperingati pada tanggal 17 Ramadhan. Dan di turunkan oleh Nabi Muhammad SAW di gua hira, pada waktu itu surat al-alaq ayat 1-5:

Baca Juga :  Bersyukur? Pengertian dan Contohnya, Yuk Simak!

 خَلَقَۚ الَّذِيْ بِّكَ رَ بِاسْمِ اِقْرَأْ -١

عَلَقٍ مِنْ الْاِنْسَانَ خَلَقَ -٢

الْاَكْرَمُۙ وَرَبُّكَ اِقْرَأْ -٣

بِالْقَلَمِۙ عَلَّمَ الَّذِيْ  -٤

يَعْلَمْۗ لَمْ مَا الْاِنْسَانَ عَلَّمَ -٥

Nuzulul Qur’an: Apa Arti Iqra Itu?

Iqra itu artinya “bacalah” Berarti semua kalau kita menginginkan sesuatu di dunia ini bahkan di akhirat nanti berarti kita harus rajin membaca. Walaupun Rasulullah SAW tidak bisa membaca, akan tetapi Rasulullah mempunyai daya ingat yang luar biasa, hafalannya sangat luar biasa.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Rasa Malu kepada Allah? Yuk Di Simak!

Membaca itu bukan berarti hanya membaca buku-buku saja, tapi kita juga harus bisa baca tentang alam, tentang tingkah laku manusia kita harus pahami dan kita baca semaksimal mungkin. Maka pandai-pandai lah membaca, tapi bukan hanya membaca tentang pelajaran saja kita juga harus bisa membaca tentang ilmu al qur’an, ilmu hadits, ilmu tauhid dan ilmu fiqih. Agar hidup kita menjadi terarah di bimbing oleh al qur’an yang sangat mulia.

Baca Juga :  3 Kecerdasan Di Bulan Ramadhan? Apa Saja Itu? Yuk Di Simak!

Maka dari itu kita harus pintar baca, alasan kenapa sih al qur’an di turunkan iqra yang pertama? Karena kita harus bisa membaca keadaan semua manusia di muka bumi ini, keluarga kita, teman kita saudara kita dan sebangsa setanah air kita Indonesia, kita harus bisa membaca keadaan mereka.

Baca Juga :  Gawaimu? Positif atau Negatifkah?

Jangan sampai kita acuh tak acuh dengan semua yang terjadi di dunia ini. Dengan membaca kita akan mendapatkan semua pengetahuan, tapi bukan hanya membaca buku saja. Maka dari itu kita harus selalu taat kepada Allah SWT.

Yokk itu aja materi hari ini, semoga bermanfaat ya sobyar nya the ambyar….sampai ketemu lagi dengan tema yang berbeda-beda. See you…jangan lupa share ke 100 turunan kalian juga yaa…

sumber gambar

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Artikel

Seorang Ambivert? Apakah Kamu Termasuk dengan Kepribadian Ini!
Pembullyan

Artikel

Dampak dan Bahaya Pembullyan ?

Artikel

“Kok masih Nakal” Padahal Sekolah di Madrasah

Artikel

Ada Sejuta Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Mental
HARI RAYA KU

Agama

HARI RAYA KU!! (Dinamika 1 Syawal)
Merokok

Artikel

Merokok? Apa Saja Dampak Buruk nya?

Agama

Maulid Nabi: Bid’ah, Benarkah ! (2)
Niat

Artikel

Niat? Apasih Maksudnya?