Home / Artikel / Opinion / Pendidikan / Podcast / Umum

Rabu, 26 Juni 2024 - 10:00 WIB

Tips Menghafal Cepat Versi Akuu! Gimana yaa Caranya?

Tips Menghafal Cepat Versi Akuu! Gimana sih Caranya?

Hallo man temanku.. mungkin di antara kalian pengen banget hafalannya itu cepat dan bertahan lama tentunya, iyaa kann? Siapa sih yang gak mau punya otak encer begitu hehe.Tetapi meningat manusia itu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ada banyak tipe manusia yang memang kalau menghafal cepat namun cepat lupa juga hafalannya, ada yang menghafalnya membutuhkan waktu lama tetapi awet hafalannya. Pokoknya macem-macem sih..

Untuk aku sendiri yaa, aku tipe orang yang lumayan cepat menghafal tapi hafalan aku gak bertahan lama. Nah itu kekurangan aku belum bisa istiqomah menjaga hafalan hehe beratt guys! Makanya sering ada kata-kata “Menjaga hafalan itu lebih sulit daripada menambah hafalan”

Baca Juga :  Kapan Ppkm Akan Segera Selesai? Yukk, Simakk!

dan itu tuh bener bangett, aku ngalamin sendiri! ( Oh iyaa ini lebih ke pengalaman aku pas di pondok yaa tentang hafalan, entah hafalan al-qur’an, kitab dll…)

Nah makanya kali inii aku mau berbagi cerita sama kalian tentang gimana sih cara nya kita bisa menghafal dengan cepat. Ini tips menghafal versi nau ya! Hehe…

Tips Menghafal!

  1. Kita harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh

Karena dengan kita sudah niat untuk menghafal otak kita dengan sendirinya akan mengatur jadwal keseharian kita, kalau kita gaada niat yang bener-bener sama aja gaakan hafal-hafal. Semua yang kita lakukan itu tergantung niatnya, okeh!

  1. Membuat target untuk diri sendiri

Baca Juga :  Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran (1)

Buatlah target hafalan kamu, misalkan “besok aku dalam 1 hari aku harus hafal 1 lembar! Gaboleh kurang!”

3. Menghafal pada waktu tahajud

Karena dengan kita menghafal setelah shalat tahajud, otak kita masih fresh tidak di penuhi oleh pikiran-pikiran yang tidak penting lagipula udara pada waktu dini hari udara juga masih fresh mendukung untuk menghafal

  1. Menghafal di tempat yang sepi

Mungkin dari kalian ada yang kaya aku juga yaa,btw aku tipe orang yang paling gak bisa ngafalin di tempat rame, pokoknya aku harus mojok dulu di tempat yang sepi! Biar konsentrasi kita gak keganggu sama aktivitas orang lain dan kita bisa lebih fokus pada hafalan sendiri.

  1. Membuat singkatan yang mudah di ingat oleh diri kamu

Baca Juga :  Rezeki? Jangan Cemaskan Rezeki Esok!

Misalkan cara membedakan surat al-adiyat dengan surat lainnya adalah pada akhir surat al-adiyat. Di akhir surat al-adiyat banyak  qolqolah kubronya dal “lakanud, lasyahid, lasyadid” nah jadi kita tuh punya patokan sendiri biar ngafalinnya cepat!

  1. Mengulang-ngulang hafalan 5 kali atau lebih

Tips yang satu ini mungkin sudah umum yaa dan itu tergantung dengan kemampuan diri masing-masing.

Nah itu cara menghafal versi akuu guys! Tapi semuanya balik lagi ke diri kalian sihh. Because semua orang punya gaya menghafal masing-masing. Aku cuman sharing-sharing aja sama kalian, semoga bermanfaat yahh, jangan lupa share juga ke temen-temen kalian okeey?!

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Umum

Pembukaan Mukoddimah, isi, jenis, dan urutan Simak ini baik-baik!!
menghormati

Agama

Menghormati Anak Orang Terhormat
tugas

Artikel

Tugas Numpuk? Jangan Pusing, Yuk Simak Tipsnya!

Artikel

Logophile atau Bibliophile? Apakah Kamu Termasuk kedalam Philes Ini!
CHILDRENFREE: Akhirnya Muncul Lagi

Agama

CHILDFREE: Akhirnya Muncul Lagi ?
pahala puasa

Artikel

Pahala Puasa, Yuk Simak 5 Hal yang Bisa Merusaknya!
Obat Hati

Artikel

Obat Hati? Apa Saja Itu, Yuk Di Simak!
Isbal part 1

Agama

Isbal Part (1)