Home / Artikel

Sabtu, 20 Februari 2021 - 19:04 WIB

Ekstrovert dan Introvert: Kepribadian Kamu yang Mana?

Ekstrovert dan Introvert maksudnya apasih?

Ekstrovert?

Menurut sumber yang saya baca, ekstrovert adalah suatu tipe kepribadian seseorang yang lebih ke cenderung bahwa orang itu adalah termasuk orang yang ceria atau terlalu aktif dalam lingkungan luar. Biasanya orang yang mempunyai kepribadian yang satu ini, memang dari luarnya mereka selalu terlihat ceria dan selalu tertawa paling keras, kalau sudah berkumpul dengan teman-temannya. Kepribadian yang satu ini sangat menyukai keramaian, bahkan si ekstrovert sendiri lah yang sering membuat keramaian iitu sendiri.

Di balik kepribadian yang selalu aktif dan selalu ceria ini jika di depan orang lain memang sangat bar-bar haha. Tapi jangan lupakan dengan masalah hidup yang sudah menumpuk di dalam otaknya. Akan tetapi si ekstrovert memang pada dasarnya begitu. Dia akan terus tertawa sampai terbahak-bahak ketika di depan teman-temannya. Sebutlah si ekstrovert itu adalah si humoris.

Si humoris itu cenderung menunjukkan kebahagiaannya dengan cara tertawa terbahak-bahak di hadapan orang lain, ketimbang menceritakan dan menunjukkan permasalahan hidup dan kesedihan yang ia punya. Kalau menurut saya si ekstrovert adalah salah satu sifat kepribadian yang sangat kuat. Ia selalu berhasil menutupi kesedihannya rapat-rapat dengan tertawa yang sangat lepas. True? Itu semua karena si humoris tidak mau semua orang tau, kalau dirinya sebenarnya banyak sekali hal-hal yang di sembunyikan.

Baca Juga :  Daring? Tatap Muka Online? Yuk Simak ini Baik-Baik!!

Baca Juga: Apa Itu Insecure dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Si ekstrovert merupakan satu kepribadian yang cenderung lebih cepat beradaptasi di lingkungan baru. Karena si ekstrovert itu mudah bergaul dengan orang yang baru di kenali nya, maka dia lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan luar. Itulah Salah satu alasan mengapa kepribadian yang satu ini sangat menyukai keramaian.

Yap, saya bisa berfikiran seperti ini, karena ada orang yang bilang ke saya kalau saya itu termasuk orang yang ekstrovert. Kamu selalu menghibur semua orang dengan lelucon atau candaan, yang bahkan bagi orang-orang luar itu sangat tidak berfaedah. Kalau kamu gimana? Apakah kamu termasuk seorang yang mempunyai pribadi ekstrovert atau bukan?

Baca Juga :  CHILDFREE: Akhirnya Muncul Lagi ?

Kebalikan dari Ekstrovert: Introvert?

Introvert adalah salah satu bagian kepribadian seperti ekstrovert. Namun perbedaan ekstrovert dengan introvert itu sangat-sangat berbeda sekali. Kepribadian yang satu ini lebih cenderung ke sosok yang pemalu, pendiam dan yang paling penting si introvert tidak suka dengan keramaian. Kedua nya memiliki persamaan pula, yaitu keduanya adalah bagian dari tipe kepribadian manusia.

Namun kalau menurut saya potensi yang di miliki si introvert lebih besar di banding potensi si ekstrovert. Karena biasanya si introvert itu mempunyai sifat diam-diam menganyutkan. Meskipun tipe kepribadian yang satu ini sangat berbalik arah dengan ekstrovert.

Baca Juga: Masalah atau Beban Hidup? Semua Orang Pasti Mengalaminya!

Yaps, sangat berlawanan sekali. Karena si introvert ini lebih senang menyendiri dan tidak menyukai keramaian. Merasa dia sangat risih dan sangat terganggu ketika di sekelilingnya banyak sekali seseorang. Biasanya seseorang yang memiliki kepribadian yang satu ini pasti lebih ke pendiam, pemalu dan cuek dengan keadaan sekitarnya. Berbeda dengan si ekstrovert yang terlalu peka pada keadaan sekitarnya.

Baca Juga :  Feminisme Islam dan Setelahnya

Tidak banyak bicara, jika menurut dirinya sama sekali tidak penting. Baginya menyendiri adalah suatu hobby yang wajib di lakukan setiap harinya. Orang-orang di sekitarnya menganggap dia seperti orang anti sosial, karena tidak pernah mencoba berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Namun jangan salah menurut saya potensi si introvert lebih besar di banding si ekstrovert. Kenapa? Karena biasanya orang-orang pendiam itu lebih banyak tindakannya di banding ucapannya. Si introvert adalah tipe orang yang tidak suka dengan basa-basi. Namun dia tidak banyak omong dan langsung membuktikannya dengan tindakannya. Bukankah itu adalah suatu kebanggaan yang harus di banggakan oleh diri kita sendiri?

Jadi apa tipe kepribadian kalian? si humoris atau si pendiam? Semua tipe kepribadian pasti ada kekurangan dan kelebihannya kok para human-humanku…

Sumber Ilustrasi Gambar

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Artikel

Apa Itu Definisi Dewasa? Yuk Simak!
nuzulul qur'an

Artikel

Nuzulul Qur’an? Ada Peristiwa Apakah Itu?

Artikel

Cara Menumbuhkan Rasa Malu kepada Allah? Yuk Di Simak!

Artikel

Idul Adha? simak pengertian, tata cara, dan hadist Dibawah ini
Sabar

Artikel

Sabar Itu Apasih? Yuk Cari Tau Arti dan Maknanya!

Agama

Hubungan Rasulullah dengan Non Muslim

Agama

Maulid Nabi: Bid’ah, Benarkah ! (2)

Artikel

Ada Sejuta Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Mental