Home / Berita

Kamis, 12 Januari 2023 - 15:51 WIB

Jangan Minta Diistimewakan, Santri Harus Berusaha dan Berdaya

Jangan Minta Diistimewakan, Santri Harus Berusaha dan Berdaya

Hari Santri yang ditetapkan Pemerintah pada tahun 2015 adalah penghargaan atas perjuangan para santri pendahulu dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Sebab, Hari Santri tidak terlepas dari Resolusi Jihad yang dikumandangkan Hadratus-syekh KH Hasyim Asy’ari agar para kiai dan santri ikut berjuang dalam memerdekakan negeri.

Ini harus diingat bersama, terutama oleh para santri, bahwa Hari Santri itu penghargaan dari negara kepada santri-santri pendahulu kita yang ikut berjuang memerdekaan NKRI. Kita sekarang mendapat bagian menikmati atas perjuangan para santri terdahulu. Karenanya, jangan enak-enakan, apalagi minta diistimewakan, itu tidak bisa. Kita semua, para santri harus berusaha dan berdaya.

Baca Juga :  Punya Impian Besar Namun Usahanya Kecil ? Percuma Kah !!

Santri selama ini memang dikenal bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi pengusaha, menteri, bahkan presiden. Sudah banyak contohnya, ada santri yang menjadi Presiden, yaitu KH Abdurrahman Wahid. Ada santri yang menjadi wakil presiden, yaitu KH Ma’ruf Amin. Bahkan, banyak santri yang menjadi menteri, polisi, TNI, pengusaha, dan profesi lainnya.

Baca Juga :  Penerimaan Guru Baru

Untuk itu, para santri yang saat ini masih di pesantren, harus tetap dan terus tekun belajar dan mengaji. Santri juga harus selalu siap sedia menjaga bangsa dan negara, seperti dicontohkan pendahulunya. Siapa pun yang akan mengganggu kemerdekaan negeri yang dimerdekaan para kyai dan santri, para santri wajib berada pada garda terdepan untuk melawannya.

Baca Juga :  Beri Anak Kita Tanggapan, Bukan Pujian

Selamat merayakan Hari Santri. Jadikan peringatan Hari Santri ini pengingat bagi kita semua bahwa perjuangan kita masih panjang. Negeri ini membutuhkan para santri.

 

artikel ini telah terbit di: www.kemenag.go.id

Author Profile

Akhmadi Didi

Share :

Baca Juga

Berita

Penerimaan Guru Baru

Berita

Carrageenan: Sustainability From Farm to Table
lowongan pekerjaan

Berita

Hidayatus Shibyan Hiring Teachers
Syarat Kelulusan

Berita

Syarat Kelulusan “Pengganti Ujian Nasional” Tahun 2021

Berita

Siswa MI Hidayatus Shibyan Raih Juara 3 dalam Perlombaan Murotal tingkat Kecamatan Talun
SKB 3 Menteri

Berita

SKB 3 Menteri Tentang “Seragam Sekolah” Untuk Siapa ?

Berita

Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant

Berita

Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays