Home / Cerpen & Puisi

Senin, 22 Februari 2021 - 20:04 WIB

Menengok Situs Balong Biru Di Cirebon: On The ambyar

Menengok Situs Balong Biru?

Sejarah Singkat Tentang Situs Balong Biru? Yuk Di Simak!

Hallo sobyar… Kembali lagi di website The ambyar. Gimana nih kisah On The ambyar sebelumnya? Seru kan? Nah di segmen On The ambyar kali ini kami akan kembali mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan mengupas tuntas sejarah atau fakta-fakta menarik di sini.

Balong Biru adalah tempat bersejarah yang terletak di Desa Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Menurut sumber balong biru adalah tempat yang pernah di jadikan tempat pemandian yang di gunakan oleh tokoh-tokoh pendiri Cirebon, seperti Raden Walangsungsang, Nyi Mas Rarasantang, Nyi Endang Geulis dan Sultan Mata Ngaji.

Sejarah Balong Biru menurut sumber:

“Balong Biru berdiri perkiraan pada abad ke-14. Balong Biru itu tempat pemandiannya Raden Walangsungsang, Nyi Endang Geulis dan Nyi Mas Rarasantang. Kalau di lihat dari sebelah utara tempat ini membentuk lafadz Allah bacaanya. Sedangkan dari sebelah utara itu balong ini wujudnya terlihat seperti tokoh pewayangan yaitu wayang semar namanya.

Baca Juga :  Logophile atau Bibliophile? Apakah Kamu Termasuk kedalam Philes Ini!

Kalau di sini itu kadang-kadang orang yang berkunjung kesini biasanya hanya mandi minta barokahnya, ya memang karena Allah satu-satunya tujuan untuk meminta. Para pengunjung berasal dari berbagai daerah, sampai ada juga yang dari luar negeri seperti Oman, Kanada dan Belgia.” Menurut sumber kuncen di Situs ini.

Baca Juga: Keraton Kacirebonan? Mau Tau Ada Apa Aja Di Sana? Yuk Simak!

Fakta-Fakta Menarik Di Salah Satu Tempat Bersejarah Ini

Menurut kuncen, air di Balong Biru ini tidak pernah surut, meskipun musim kemarau terjadi. Sehingga di manfaatkan oleh para petani untuk menjadi sumber air lahan pertanian mereka.

Banyak sekali fakta-fakta menarik yang bisa kita ketahui di sana. Salah satunya jika kita melihat balong dari sudut yang berbeda, maka bentuk balong pun akan nampak berbeda.

Baca Juga :  Yuk Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadhan! Ini Tipsnya

Adapun jika di lihat dari samping, maka akan ada 9 sudut yang di lambangkan sebagai Wali Songo. Di sini terdapat bangunan yang biasanya di gunakan untuk para peziarah dan di dalam salah satu bangunan tersebut, terdapat sebuah batu yang melambangkan pelindung atau pertahanan.

Baca Juga: Situs Krapyak? Kerajaan Tertua di Nusantara: New On The Ambyar

“Yang di dalam itu ada yang namanya batu tameng, kalau tameng itu artinya pelindung. Kepada siapa kalau kita berlindung, kepada siapa lagi? ya hanya kepada Allah Swt.”

Ada Berapa Macam Sumur Di sana?

Di depan bangunan tersebut terdapat dua sumur kecil yang di percaya untuk mendatangkan rezeki dan menyembuhkan penyakit. Sumur itu di sebut sumur Rezeki dan sumur Gua Garu.

“Kalau di situs ini, khususnya di wilayah situs Balong Biru itu ada balong, kemudian ada sumur. Yang pertama itu sumur Gua Garbah kemudian yang kedua sumur Rezeki dan yang ketiga sumur Tetes.”

Baca Juga :  Sabar Itu Apasih? Yuk Cari Tau Arti dan Maknanya!

Kuncen mengatakan: Bahwa pernah ada seorang peziarah yang berendam di Balong Biru dan saat itu ia dalam keadaan lumpuh, tapi setelah berendam dan alhamdulillah dengan izin Allah Swt, dia bisa sembuh dari penyakitnya. Wallahua’lam. Semua itu hanya bentuk ikhtiar kita dan semua yang terjadi tidak akan mungkin terjadi, jikalau bukan atas izin Allah Swt.

Itulah beberapa ulasan singkat setelah kami menengok situs Balong Biru. Semoga bisa menambah wawasan kita dan apabila di tulisan ini terdapat kesalahan, kami segenap tim memohon maaf, jadi kalau kalian penasaran dengan segmen On The ambyar selanjutnya. Terus pantengin website dan channel The ambyar yaa.. See youu…

Bagi kalian yang mau nonton versi video nya di channel The ambyar, kalian bisa klik link di bawah ini!

https://theambyar.id/menengok-situs-b…on-on-the-ambyar/

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Mengenal Ki Gede Tuan Laras

Cerpen & Puisi

Mengenal Ki Gede Tuan Laras: On The Ambyar
Pohon Raga Sakti

Cerpen & Puisi

Pohon Raga Sakti Di Situs Kramat Cimandung: On The ambyar
Mitos Tanjakan Cimangu

Cerpen & Puisi

Mitos Tanjakan Cimangu: On The ambyar
Sumur Wasiat

Artikel

Sumur Wasiat? Yuk Kepoin Kisah Mistis dari Sumur Wasiat!

Cerpen & Puisi

Situs Krapyak? Kerajaan Tertua di Nusantara: New On The Ambyar
Mengenal Ki Gede Alang-Alang

Cerpen & Puisi

Mengenal Ki Gede Alang-Alang? Siapakah Sosok Itu? On The ambyar
Sejarah Keramat Tuk Jasi

Cerpen & Puisi

Sejarah Keramat Tuk Jasi Di Cirebon: On The ambyar
Sejarah Situs Keramat Talun

Cerpen & Puisi

Sejarah Situs Keramat Talun: On The ambyar