Home / Cerpen & Puisi

Jumat, 12 Maret 2021 - 18:50 WIB

Mengenal Ki Gede Tuan Laras: On The Ambyar

Mengenal Sosok Ki Gede Tuan Laras? Siapakah beliau?

Mengenal Sosok Ki Gede Tuan Laras? Yuk Cari Tau!

Halo sobyar… Ketemu lagi nih sama segmen On The ambyar. Nah kali ini kita temanya mengenal sosok Ki Gede Tuan Laras. Buat kalian yang udah tau siapa itu sosok Ki Gede Tuan Laras. Yuk cari tau sejarah yang lebih lengkapnya. Bagi yang belum tau siapakah sosok Ki Gede Tuan Laras juga di baca dan di simak terus yaa. Lanjut…

Tuan Laras merupakan sebuah makam yang ada di Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Siapa sangka, makam yang terlihat biasa ternyata memiliki sejuta sejarah dan cerita misteri yang banyak belum di ketahui masyarakat umum.

Baca Juga: Situs Krapyak? Kerajaan Tertua di Nusantara: New On The Ambyar

Lalu Bagaimanakah Asal-Usul dan Kisah-Kisah Mistis yang Ada Di Sini?

Kisah dari pulau Jawa sampai mengenal silsilah diri pada Ki Gede Tuan Laras. Awalnya dahulu pulau Jawa, setiap penduduk yang dari arab datang ke pulau Jawa, itu selalu meninggal, datang meninggal lagi dan seterusnya.

Lalu di utus lah salah satu imam, beliau bernama Imam Subakhir. Beliau datang ke pulau Jawa dan bertapa di pulau Jawa selama 41 hari. Alasan mengapa kalau semua orang yang datang ke pulau Jawa itu meninggal itu bertemu dengan penunggu nya.

Baca Juga :  Pohon Raga Sakti Di Situs Kramat Cimandung: On The ambyar

Akhirnya Imam Subakhir bertemu dengan Sangyang Malik Maya atau di kenal dengan Nayo Genggong. Setelah itu adu tanding untuk memperebutkan pulau Jawa, antara Imam Subakhir dengan Sangyang Malik Maya.

Selama sudah berhari-hari adu tanding itu tidak ada yang menang dan tidak ada pula yang kalah. Setelah itu Imam Subakhir dan Nayo Genggong membuat perjanjian yaitu sebelum tanggal 9 bulan 9 tahun 1999 yang memimpin tanah Jawa adalah Imam Subakhir.

Dan setelah waktu kepemimpinan Imam Subakhir sudah habis, maka Nayo Genggong yang akan menggantikan kepemimpinannya. Waktu pimpinan Imam Subakhir pun di mulai dan beliau memulainya dengan memperluas kekuasaannya dengan di landasi agama Islam di pulau Jawa.

Akhirnya munculah tokoh-tokoh ulama dan kyai di pulau Jawa. Setelah masa kepemimpinan Imam Subakhir habis, lalu di mulai lah masa kepemimpinan Nayo Genggong.

Pada saat kepemimpinan Imam Subakhir berhasil membawa pengaruh besar terhadap tanah Jawa. Sehingga Nayo Genggong pun ikut terpengaruh dan ia pun memutuskan untuk masuk ke agama Islam.

Baca Juga :  Acrophobia? Apakah Kamu Juga Mempunyai Pobia Ini?

Namun sangat di sayangkan sekali para pengikut Nayo Genggong tidak mengikuti jejak pemimpinnya. Itu sebabnya, setelah tahun 1999 terjadi huru-hara dan kejahatan dimana-mana.

Dari sekian banyaknya murid Imam Subakhir ada salah satu murid yang bernama Ki Gede Tuan Laras. Beliau mendapatkan tugas dari gurunya untuk menyebar luaskan kekuasaan agama Islam di daerah Tegal Pondo. Tepatnya di daerah sekitar makam Tuan Laras.

Lantas Kejadian-Kejadian Mistis Apa Saja yang Pernah Terjadi Di Sini?

Biasanya kalau malam di makam Ki Gede Tuan Laras ini banyak sekali orang yang mengklakson di daerah makam tersebut, karena itu sebagai rasa hormat kita dengan cara menghormatinya. Terkadang kalau tidak mengklakson atau kita menantang “Di sini ada apa!?” Pasti nanti makhluk ghaib itu akan keluar.

Baca Juga: Sejarah Keramat Tuk Jasi Di Cirebon: On The ambyar

Itulah yang menjaga supaya keutuhan di makam Ki Gede Tuan Laras ini, tidak terusik oleh tangan-tangan yang jahil. Jika tidak ada hal-hal yang seperti itu, tangan-tangan yang jahil itu akan merusak. Di makam Ki Gede Tuan Laras ini tidak ada hewan-hewan seperti ayam atau hewan yang sejenisnya..

Baca Juga :  Para Ulama Menyikapi Perbedaan dengan Sikap Toleran (2)

Biasanya kalau malam itu dari jalanan, makam ini sangat gelap sekali. Akan tetapi jika kita melihat dari dalam makam tersebut terang seperti bulan purnama. Itulah keistimewaan di makam Ki Gede Tuan Laras ini.

Pada saat dahulu juga ada seekor macan yang berkeliling dan menangis saat akan terjadi musibah. Di satelit daerah makam Ki Gede Tuan Laras juga tidak ada rumah, hanya ada lahan luas yang kosong atau biasa di sebut dengan tegalan semua. Tegal itu adalah hamparan.

Wallahua’lam hanya Allah Swt yang tau, kita sebagai hambanya hanya patut yakin dan mempelajari lebih dalam terhadap sejarah yang ada. Itulah sedikit ulasan tentang Ki Gede Tuan Laras, semoga bisa menjadi referensi kita untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah yang ada di Indonesia, khususnya di Cirebon.

Sampai jumpa di segmen-segmen berikutnya dengan kisah-kisah yang lebih seru dan menyeramkan.

Dan bagi kalian yang mau nonton versi video yang lebih lengkapnya, kalian bisa klik logo di bawah ini! See Youu..

Mengenal Ki Gede Alang-Alang

 

 

Author Profile

Naura Azzahra

Share :

Baca Juga

Cerpen & Puisi

Situs Krapyak? Kerajaan Tertua di Nusantara: New On The Ambyar
Sumur Wasiat

Artikel

Sumur Wasiat? Yuk Kepoin Kisah Mistis dari Sumur Wasiat!
Pohon Raga Sakti

Cerpen & Puisi

Pohon Raga Sakti Di Situs Kramat Cimandung: On The ambyar
Mengenal Ki Gede Alang-Alang

Cerpen & Puisi

Mengenal Ki Gede Alang-Alang? Siapakah Sosok Itu? On The ambyar
Menengok Situs Balong Biru

Cerpen & Puisi

Menengok Situs Balong Biru Di Cirebon: On The ambyar
Mitos Tanjakan Cimangu

Cerpen & Puisi

Mitos Tanjakan Cimangu: On The ambyar
Sejarah Situs Keramat Talun

Cerpen & Puisi

Sejarah Situs Keramat Talun: On The ambyar
Sejarah Keramat Tuk Jasi

Cerpen & Puisi

Sejarah Keramat Tuk Jasi Di Cirebon: On The ambyar